Jumat, 03 November 2017

Wanita Dibalik Sistem Air Tanah










                                                                 
Air, unsur yangsangat kita butuhkan dalam kehidupan. Air juga yang menjadi unsur utama dalam bidang pertanian. Bidang yang menjadi langka saat ini seiring dengan banyaknya pembangunan modern sehingga mengikis lahan hingga ke pedesaan. Jika kita membahas mengenai pertanian tentulah tidak lepas dari air tanah, air yang penting dalam prosesnya. Kementrian Pertanian di Indonesia memiliki bagian yang mengurusi hal itu. Dan tokoh dibalik itu adalah seorang ibu dengan dua orang putra yang bernama Nita Ryolita. Beliau menjabat menjadi KASI Air Tanah sejak tahun 2012. Bukan dengan mudah beliau mendapat jabatan ini, sejak menjadi PNS di Kementrian Pertanian tahun 2003.
Wanita yang menjadi istri dari seorang wirausah  dibidang peternakan ayam ini, seringkali harus meninggalkan buah hatinya untuk melaksanakan tugas Negara. Jika kebanyakan pegawai lainnya ke tempat-tempat yang mudah dicapai, maka berbeda dengan tugas yang diemban oleh beliau. Daerah-daerah yang harus dikunungi seringkali merupakan daerah yang sulit dijangkau seperti Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Jika yang lain mengikuti seminar di hotel, maka jauh berbeda dengan yang beliau alami. Tugas mengharuskannya meninggalkan rumah selama berhari-hari untuk memberikan penyuluhan, mencari potensi sumber irigasi air tanah yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan juga melihat kondisi irigasi pertanian di areal persawahan.
Wanita yang mau tidak mau harus mengesampingkan kewajiban sebagai ibu untuk sementara demi majunya pertanian di Tanah Air kita ini. Wanita tangguh yang tidak pernah mengeluh walaupun harus berkeliling Indonesia, melihat kondisi disetiap pelosok negeri. Semua itu pastinya terasa berat, untunglah sang suami juga anak-anak mendukungnya hingga perjalanan jauh pun tak dirasa.
Wanita yang menginspirasi dengan tanggung jawab jabatan namun masih dapat menjalankan kewajibannya sebagai seorang istri juga ibu dari dua putra yang sedang dalam masa pertumbuhan. Tentunya bukan tanpa masalah, namun semua itu dapat beliau hadapi dengan hati yang sabar juga pengertian dan dukungan dari semua anggota keluarga. Baru-baru ini beliau menjadi utusan dari Kementrian Pertanian untuk menghadiri pertemuan Bilateral antara pemerintah Indonesiadan pemerintah Denmark. Wanita tangguh yang dapat menjaga keseimbangan jabatan dan keluarga. Wanita yang menginspirasi wanita lainnya di Tanah Air, yang selama ini jarang orang ketahui peran dan juga kontribusinya untuk kemajuan negeri. Semoga makin banyak wanita yang dapat memberi inspirasi bagi kita semua.

30 komentar:

  1. Whuaa luar biasa ya mba Nita ini. Hebat, berpikirnya bukan untuk aku lagi, tapi untuk negara.

    BalasHapus
  2. sangat jarang wanita setangguh ini, mengemban tugas negara pergi kedesa-desa, disampingjuga harus mengurus anak anak yangsedang dalam masa pertumbuhan. suskes selalu mba nita

    BalasHapus
  3. Wanita hebat. Jarang ada wanita yang mau ke desa-desa

    BalasHapus
  4. Wanita hebat mau turun tugas ke Desa, sukses terus buat mba Nita

    BalasHapus
  5. Wowww... Bisa dicontoh komitmennya utk keluarga

    BalasHapus
  6. Wowww... Bisa dicontoh komitmennya utk keluarga

    BalasHapus
  7. Masya Allah, Tabarakallah, wanita tangguh

    BalasHapus
  8. Wanita yang hebat....semoga bisa menjadi inspirasi buat wanita lainnya

    BalasHapus
  9. Wanita yang hebat....semoga bisa menjadi inspirasi buat wanita lainnya

    BalasHapus
  10. Menginspirasi wanita lain untuk berjuang. Kereen 😍

    BalasHapus
  11. Tidak mudah ketika harus meninggalkan keluarga berhari-hari. Hebat mb Nita ini

    BalasHapus
  12. Wanita yang luar biasa. Very inspiring. Salut.

    BalasHapus
  13. Luar biasa. Sosok yang patut diteladani

    BalasHapus
  14. Wanita yang luar biasa.

    BalasHapus
  15. Ketangguhannya sungguh luar biasa..

    BalasHapus
  16. Tidak mudah memang menjaga keseimbangan antara jabatan dan peran sebagai istri, dan yang berhasil melakukannya memang layak diacungi jempol.

    BalasHapus
  17. Mbak Nita Ryolita wanita hebat. Salut juga sama suami dan anak-anaknya yang mendukungnya.

    BalasHapus
  18. Saya jadi malu sama diri sendiri, nggak ada apa2nya dibanding mbak nita ini

    BalasHapus
  19. Mudah-mudahan lebih banyak lagi yang membaca buku Menemukan-Mu dan Menemukannya yah, sehingga lebih banyak orang tahu tentang Bipolar dan cara mengatasinya.

    BalasHapus