Jumat, 08 Desember 2017

Kenali Jenis Kulitmu



Wanita mana yang tidak ingin terlihat awet muda? Pastilah semua wanita ingin selalu terlihat cantik dan awet muda dan salah satu yang harus dirawat adalah kulit. Kulit adalah organ tubuh yang secara langsung memperlihatkan terjadinya penuaan. Maka, tidaklah mengherankan jika banyak wanita yang berusaha dengan berbagai cara agar  dapat memiliki kulit wajah yang halus, kencang dan berseri. Namun merawat kulit tidak hanya dari luar saja, bagian dalam pun harus dilakukan.
Sebelum melakukan berbagai perawatan pada kulit, alangkah baiknya jika kita mengetahui jenis kulit . Yang mana jenis kulitmu ?


1.      Kulit Normal
Jenis kulit ini yang paling diinginkan oleh setiap wanita. Kulit normal mempunyai ciri-ciri seperti permukaan yang lembut, kencang dan uukuran pori-pori sedang. Kulit normal memiliki elastisitas yang baik, lembut dan padat saat disentuh. Juga memiliki kandungan air dan minyak yang seimbang, sehingga kelembabannya terjaga.

2.      Kulit Berminyak
Biasanya kulit jenis ini terlihat berkilat dan berlapis tebal, berpori-pori besar dan terlihat jelas. Pada saat minyak keluar berlebih, akan lebih mudah jerawat . Juga blackheads atau komedo dan gangguan kulit akibat lemak lainnya. Kebanyakan wanita yang memiliki jenis kulit ini, berminyak pada daerah T (dagu, hidung dan dahi). Jika rajin merawat kebersihan kulit maka dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Namun, dibalik semua itu jenis kulit ini memiliki karakter anti penuaan.
3.      Kulit Kering
Jika merasa kulit wajahnya ketat, kemungkinan besar memiliki jenis kulit kering. Namun, jika biasanya kulit normal dan berubah menjadi kering mungkin karena kurang minum air putih, sedang musim panas atau akibat hal-hal lain yang berhubungan dengan faktor lingkungan. Kulit jenis ini memiliki ciri seperti pori-pori kecil, kulit kusam, kurang bercahaya, bersisik saat udara kering atau dingin. Kulit jenis ini juga mudah mengalami penuaan dini, keriput dan timbul bintik-bintik.

4.      Kulit Kombinasi
Kulit kombinasi biasanya terdapat pada bagian yang berbeda. Satu bagian berminyak dan bagian lainnya terasa kering. Biasanya daerah yang berminyak di area T (dagu, hidung dan dahi) dan daerah yang kering biasanya pada pipi, mulut dan mata. Kulit jenis ini memerlukan perawatan berbeda untuk setiap area kulit yang berbeda.

Nah, sekarang kita sudah mengenai jenis kulit juga ciri-cirinya. Dengan mengetahui jenis kulit sendiri maka akan lebih mudah untuk melakukan perawatan wajah yang tepat. Sedikit bahasan ini semoga bermanfaat dan dapat membantu dalam menjaga dan merawat kulit wajahnya.

8 komentar:

  1. Saya adalah orang yang suka bingung jenis kulit wajah sendiri. Thanks infonya Mbak Dina

    BalasHapus
  2. Kayanya saya tipr kombinasi. Cuci mukanya gimana ya? Haruskah dgn 2 macam sabun berbeda?

    BalasHapus
  3. Wah kalau saya kulitnya tipe kering bun. Jadi gampang bersisik kalau lupa pake hanbody heheh. Katanya kalau kulit kering itu lebih cepet tua ya, bun. Bener ga? 😂

    BalasHapus
  4. Saya kulit berminyak kayaknya. Tapi jarang berjerawat.

    BalasHapus
  5. Kalau saya tipe kulit berminyak yang gampang berjerawat Mbak..

    Thanks ulasannya Mbak Dina

    BalasHapus
  6. Saya tipe kombinasi. Bagian tertentu berminyak, bagian lainnya kering. Kita bisa lebih mudah memilih kosmetik dengan mengetahui jenis kulit kita ya...

    BalasHapus
  7. Setuju, Mba. Sebelum milih kosmetik harus tau dulu jenis kulit kita. Biar efeknya maksimal ya..

    BalasHapus
  8. perawatan untuk jenis kulit kombinasi bgm ya mbak ? bete sama komefo nih...cepet banget munculnya 😔

    BalasHapus