Selasa, 19 Januari 2021

Dekat Dengan Anak Usia Remaja, Sulitkah ?

 


Memiliki anak yang beranjak dewasa atau sering disebut sebagai abg bukanlah hal mudah, akan tetapi tak sulit juga. Dengan perkembangan teknologi serta jaman sekarang ini, membawa pengaruh yang cukup besar pada perkembangan anak. Anak jaman sekarang jauh lebih kritis dibandingkan dengan saat Anda seusianya. Berbagai pengaruh baik dari teman, lingkungan sekolah juga rumah memiliki andil dalam membentuk kepribadiannya. Dan menjadi tugas Anda untuk dapat dekat layaknya teman bagi anak usia remaja.

Menjadi orang tua dari seorang remaja jaman sekarang tidaklah mudah, apalagi jika Anda bekerja diluar rumah. Selain waktu yang tak banyak dihabiskan bersama, kondisi serta perkembangan pergaulan sering tak diketahui. Tak sedikit anak yang di rumah terlihat baik dan penurut, akan tetapi justru jauh berbeda ketika diluar. Dan dari beberapa kasus yang terjadi dengan pelakunya anak remaja, salah satu penyebabnya adalah kurang mendapat perhatian orang tua.

Bagi anak bukan hanya kebutuhan material saja yang diperlukan, ada hal-hal lain yang sama pentingnya. Meskipun bukan rahasia lagi jika sekarang ini hidup membutuhkan banyak biaya agar dapat berjalan sesuai keinginan. Namun, perhatian dari orang tua jauh lebih penting terutama dalam pembentukan karakternya. Tak harus selalu memperhatikannya setiap saat karena bukanlah anak kecil lagi. Perhatian yang cukup dengan memahami dunia anak usia remaja jauh lebih penting.

Ada beberap tips yang dapat Anda gunakan agar lebih dekat dengan anak dan mendapat ruang didunianya, diantaranya :

1.      Luangkan waktu meski itu hanya beberapa jam saja dalam satu hari. Anak meskipun mulai beranjak remaja dan lebih banyak menghabiskan waktu diluar, tetap memerlukan kebersamaan dengan Anda. Meskipun itu hanya mengobrol santai tentang film, musik atau pun teman-temannya, sangatlah berarti bagi sang anak. Hal-hal kecil yang mungkin tak Anda perhatikan justru sangat berarti bagi anak remaja.

2.      Jadilah seorang teman bagi anak Anda. Kesalahan yang paling banyak dan umum dilakukan oleh orang tua adalah menjadi orang tua. Sekarang ini hal itu tak dapat dilakukan setiap saat, ada kalanya Anda harus menjadi teman bagi sang anak.

Dengan menjadi teman bagi anak remaja, maka akan lebih mudah dengan dan memahaminya. Dengan demikian anak akan lebih mudah terbuka dan berbincang tentang semua masalah dan apapun pada Anda. Anda dapat lebih cepat mengetahui jika ada hal-hal buruk atau negatif berada didekat anak usia remaja.

3.      Jangan memaksa keinginan Anda pada anak. Hal ini yang paling sering membuat anak menjadi semakin jauh dari orang tuanya. Anak jaman sekarang memiliki pemikiran serta keinginannya sendiri dan Anda tak dapat melarangnya.

Yang dapat Anda lakukan adalah mencoba memberi pengertian mengenai pengaruh baik serta buruk. Pilihan dikembalikan pada anak dengan tetap mengawasi dan memberikan arah. Lakukan dengan perlahan juga tenang, sehingga anak akan jauh lebih mengerti.

Dan masih banyak lagi tips lainnya agar Anda dapat lebih dekat dan mendapat kepercayaan dari seorang anak usia remaja. Karena dunia anak sekarang ini jauh berbeda, maka Anda perlu memahaminya lebih dalam lagi. Semua itu agar anak dapat tumbuh dan menjadi apa yang Anda inginkan. Semoga tulisan dan tips diatas dapat membantu Anda yang memiliki seorang anak remaja.

 

5 komentar:

  1. Kedua anak saya juga sudah menginjak remaja mbak. Saya juga berusaha untuk bisa menjadi orang tua sekaligus teman bagi mereka. Membuka diri agar anak nyaman bercerita kepada saya. Kami biasa juga berbicara tentang cita2nya, ngobrolin sekolahnya dan juga teman2nya. Insya Allah kalau kita membuka diri, anak juga tidak akan sungkan berbagi cerita dengan kita.

    BalasHapus
  2. Noted banget poin 2. Kesalahan orang tua adalah menjadi orang tua. Engga mudah juga ya buat orang tua berperan sebagai teman. Kadang malah anaknya yg sungkan...Nice sharing Mom...

    BalasHapus
  3. Wah, saya masih sering nih berperan sebagai orang tua bagi anak remaja saya. Salah, ya ternyata! Better berperan sebagai teman. Thanks insightnya

    BalasHapus
  4. Di rumah saya ada dua anak yang memasuki usia remaja, Mbak. Memang gak mudah mendampingi usia remaja. Sebagai orang tua harus sering belajar karena zamannya anak-anak berbeda dengan masa orang tuanya dulu.

    BalasHapus
  5. Usia remaja tuh biasanya anak jadi lebih sensitif. Karena mereka juga sedang dalam masa pencarian identitas diri. Menjadi kawan yang baik, adalah salah satu pilihan tepat agar ortu bisa memahami dunia anak dan memberikan pendampingan yang benar.

    BalasHapus