Minggu, 31 Januari 2021

Mengenalkan Diri Dijaman Serba Digital



Menunjukkan jati diri mungkin tak terlalu sulit jika pada orang-orang yang telah mengenal Anda.  Tapi akan berbeda jika harus memperkenalkan pada khalayak ramai yang mungkin belum dikenal sama sekali.  Apalagi jika hendak menunjukkan siapa diri kita sebenarnya.  Mengenalkan diri sebagai penulis,  penulis,  pengajar atau profesi lainnya bukanlah hal mudah. Terutama jika hal tersebut untuk kepentingan tertentu seperti promosi ataupun menawarkan sebuah jasa. 

Dijaman yang serba digital seperti sekarang ini,  membangun sebuah branding atau personal branding terlihat mudah.  Dengan banyak teknologi serta fasilitas yang dapat kita manfaatnya untuk membangunnya. Namun sesungguhnya membuat sebuah digital branding tidak semudah tradisional branding. Anda harus memahami betul branding yang akan dibuat serta bagaimana memanfaatkan teknologi digital yang ada. Jangan sampai malah salah karena berkaitan dengan informasi ataupun konten digital. 

Sekarang ini lebih banyak orang yang mencari atau pun menilai sesuatu juga seseorang melalui sebuah media digital.  Sehingga saat hendak mengenalkan diri atau pun sebuah produk pada khalayak atau masyarakat umum secara digital perlu mempertimbangkan banyak hal.  Karena sekarang ini lebih banyak yang mempercayai sebuah konten atau pun informasi yang disajikan melalui sebuah media digital atau sosial.  Untuk itu Anda perlu lebih mengenal cara untuk dapat membangun sebuah digital branding. 

Bukan hanya menulis atau memberitahukan apa yang kita miliki serta tawarkan, ada hal lainnya.  Yaitu sebuah keterkaitan atau komunikasi antara Anda dengan konsumen, bagaimana disajikan dalam dunia digital.  Dan ada beberapa media yang biasa dan dapat kita manfaatkan untuk membangun sebuah digital branding,  yaitu :

1. Media sosial

Melakukan berbagai aktivitas di media sosial seperti membagikan foto,  update status atau pun sekedar bercerita,  tentunya akan menuai sebuah respon.  Dan cara Anda membalas semua komentar yang ada, akan berpengaruh pada sebuah branding. Melalui apa yang Anda lakukan di media sosial, maka akan terlihat branding yang ingin dibuat. 

2. Memanfaatkan sebuah konten.

Saat ini banyak yang memanfaatkan konten pada sebuah blog milik orang lain atau seringkali disebut content marketing.  Melalui tulisan yang dibuatnya,  maka branding atau proses mengenalkan diri akan jauh lebih mudah dan cepat. Melalui tulisan Anda lebih mudah menjelaskan apa yang ingin digambarkan. Branding yang dibuat akan menunjukkan pada para pembaca siapa dan apa yang mampu kita berikan.  Seperti jasa atau pun manfaat dari produk yang dimiliki. 

3. SEO

Yang satu ini seringkali terlewatkan saat Anda hendak membuat sebuah branding didunia digital. Dengan menggunakan sistem atau tehnik SEO maka akan membuat Anda berada diposisi pertama.  Karena banyak yang mempercayai hasil teratas pada mesin pencari adalah yang terbaik. Apalagi sekarang ini lebih banyak orang yang menggunakan mesin pencari untuk berbagai keperluan.  Mulai dari dari mencari informasi,  berita, produk hingga jasa yang diperlukan. Dan tehnik SEO akan membantu Anda dalam digital branding dengan lebih tepat dan cepat. 

4. Kredibiltas yang telah Anda miliki. 

Menjaga kredibilitas yang telah Anda bangun bukanlah hal yang mudah apalagi dengan banyaknya persaingan. Menghancurkan sebuah kredibilitas akan sangat mudah,  akan tetapi membangun sebuah brand serta menjaganya akan cukuo sulit.  Oleh karena itu,  Anda perlu memperhatikan semua aktivitas digital. Status hingga komen perlu mempertimbangkan berbagai hal,  agar kredibilitas yang ada tetap terjaga. 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin mengenalkan diri didunia digital.  Dengan digital branding yang tepat,  Anda akan dikenal dan diketahui seperti apa yang telah direncanakan atau diinginkan. 


Tulisan ini diikutsertakan dalam 30days writting challenge sahabat hosting. 

9 komentar:

  1. Membranding diri memang sesuatu yang penting ya mbak, apalagi jika kita memiliki usaha baik online maupun offline, atau berkecimpung di dunia literasi, dan peran media sosial sangat penting untuk membangun branding ini. Tetapi kita juga harus tetap berhati2 dan berjalan pada koridor yang benar, karena di era digital, dimana kebebasan berekspresi sangat terbuka, semua bisa saja terjadi di luar kendali kita.

    BalasHapus
  2. Bila di sebuah lingkungan baru, memperkenalkan diri benar sekali terkadang tidak mudah. Orang dilingkungan baru tidak mengenal kita ternasuk profesi kita sebelumnya cenderung meremehkan atau kurang menyukai keberadaan kita bila kita langsung menunjukkan siapa diri kita senbena. Menurut saya, melihat situasi dan kondisi kapan saat yang tepat kita harus memperkenalkan diri kita sebenarnya

    BalasHapus
  3. Jaman sekarang memang lebih mudah untuk dikenal karena dunia makin sempit dan kesempatan bisa datang pada siapa saja yang memiliki keahlian dan mau eksis. Tapi nggak cukup eksis aja sih, butuh sesuatu yang membuat kita "dilihat" salah satunya ya keahlian dan ciri khas.

    BalasHapus
  4. Masih jadi peer banget untuk membranding diri. Jadi sebenarnya kita mau dikenal sebagai sosok yang bagaimana? Terus caranya mengenalkan yang baik itu gimana. Ini juga perlu dipikirkan kan ya kak. Nggak bisa asal aja gitu.

    BalasHapus
  5. apalagi seorang blogger ya, kudu banget kenalan sama sosial media, biar lebih dikenal brandingnya. secara sosial media ini salah satu cara yang paling cepat untuk branding. makasih ya mba sharingnya.

    BalasHapus
  6. setuju dengan mbak Steffi di atas, sosial media adalah tempatnya untuk branding dengan cepat. Saya masih perlu belajar banyak untuk membranding diri demi menjadi blogger. PR besar. Makasih mbak Dina

    BalasHapus
  7. Aku ya sekarang masih belajar ttg SEO nih. Ngeblog dan dunia digital semakin dipelajari semakin penasaran deh.
    Makasih sharingnya Mbak...

    BalasHapus
  8. Memang ada kemudahan mengenalkan diri di jaman digital ya, Mbak..Tapi jika personal branding sudah kuat juga mesti hati-hati, karena menghancurkan sebuah kredibilitas itu sangat mudah

    BalasHapus
  9. Teknologi makin membantu kita buat branding mau seperti apa. Yang pasti, teknologi ada di tangan kota, mau kita gunakan sebagai apa, tetap harus ada pertanggungjawaban. Eh, ngaca lagi ding. Saya juga belum.bisa branding diri. Apalagi perkara SEO.

    BalasHapus