Minggu, 05 Desember 2021

Wisuda Hybrid ala STT Bandung yang Meriah tapi Tetap Jalankan Prokes




Menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi tentu menjadi impian dan keinginan setiap mahasiswa. Menyelenggarakan wisuda seperti yang dilakukan oleh STT Bandung merupakan bukti dari sebuah usaha dan keberhasilan.  Keberhasilan yang diraih oleh para mahasiswa dan mahasiswi serta pihak kampus. Hal tersebut membuktikan bahwa kampus tersebut mampu memberikan pendidikan hingga tiba waktu wisuda. 

Kampus yang baru saja selesai menyelenggarakan wisuda hybrid ke XVI dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Wisuda kali ini bukan hanya hybrid di tengah pandemi saja.  Namun dihadiri juga oleh Menteri BUMN Erick Thohir yang semakin membuktikan sebagai kampus terdepan. 

Wisuda kali ini dihadiri secara offline dan online dengan jumlah wisudawan sebanyak 297 dari tiga prodi. Prodi Teknik Industri sebanyak 130 orang, prodi Teknik Informatika sebanyak 103 orang dan dari prodi Desain Komunikasi Visual sebanyak 64 orang. Berikut ini susunan acara pada wisuda ke XVI yang berlangsung di InterContinental Hotel & Resort Dago Pakar Bandung. 

1. Pembukaan

2. Lagu Indonesia Raya

3. Laporan Ketua STT Bandung

4. Sambutan-Sambutan

5. Orasi Ilmiah

6. Pembacaan SK Ketua STT Bandung

7. Pelantikan Wisudawan

8. Penandatangan MOU

9. Penyampaian Kesan & Janji Wisudawan

10. Pembacaan Doa

11. Penutupan Sidang Senat Terbuka

12. Ramah Tamah



Acara dimulai dengan para anggota senat memasuki ruang wisuda serta penampilan tari jaipong sebagai pembukaan. Setelah lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang dilanjutkan dengan laporan ketua STT Bandung Muchammad Naseer , S. Kom., M.T.

Pada laporan ketua STT Bandung terdapat beberapa pengumuman penting terkait kegiatan serta prestasi yang telah didapat.  Prestasi para mahasiswa atau pun dari para staf pengajar di lingkungan kampus. Selain itu dilaporkan juga kegiatan serta kerjasama yang telah terjalin dengan berbagai pihak. 

Seperti tersedianya kuota untuk 3000 mahasiswa ke negeri Sakura Jepang untuk mendapat ilmu dan penghasilan lebih besar. Bahkan telah banyak yang berhasil dan menjadi kebanggaan kampus dan keluarga. Meski begitu terdapat masa tunggu 45 hari untuk para wisudawan menentukan langkah selanjutnya. Memilih untuk melanjutkan studi ke jenjang berikutnya, menjadi karyawan,  atau berwirausaha. 

Telah banyak prestasi serta hasil karya para mahasiswa, seperti dari produk inovasi IBEK, yaitu:

1. Smart Aquarium

2. Virtual Reality Therapy 

3. Sistem Kendali Lampu

4. Transpanter Padi

5. Mesin Pengupas Kopi

6. Bed 2 Bed Patient Mover

7. Hot Detector Air Sungai

8. Aplikasi RWKU

9. Barber App

10. Rocket Stove

11. 3D Painter

12. Asik Mi App

13. Trash Picking Game

Banyak kegiatan yang diselenggarakan oleh kampus yang pada tahun 2022 akan menjadi Universitas ini.  Seperti kegiatan 2021 Innovation Challenge Day yang menghasilkan banyak inovasi, diantaranya:

1. Oversize Swa Design Technology 

2. Aplikasi Skut Bandung

3. Aplikasi Panen Tani

4. Laundryku

5. Aplikasi Siap Tani

6. Aplikasi Pasar Pengepul (PAPUL) 

7. Vabuss Bot App

8. Aquaponic Portable 

9. Ardertech

10. Alplikasi Valuka. 

Mahasiswa di kampus STT Bandung memiliki segudang prestasi baik akademik non akademik. Meskipun pandemi melanda tak membuat para mahasiswa menjadi santai dalam menimba ilmu. Nyatanya banyak mahasiswa di kampus ini yang menorehkan prestasi. Baik itu di lingkungan kampus maupun nasional dan berikut beberapa prestasi yang telah diraih. 

1. 3 mahasiswa teknik informatika terpilih dalam program petani milenial. 

2. 1 mahasiswa teknik informatika yaitu Wendi Maulana berhasil dinobatkan menjadi Jajaka Kameumeut dalam ajang pemilihan Mojang Jajaka Kabupatrn Bandung tahun 2021.

3. 3 mahasiswa lolos dalam program Bangkit Kemendikbud 2021.

4. 3 mahaiswa berhasil menjadi Juara Nasional dalam Pekan Seni Nasional Coris. 

5. 136 mahasiswa terpilih dalam Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat yang diselenggarakan oleh Ditjen DIKTI Kemendikbudristek. 

Bukan hanya mahasiswa saja,  para dosen di STT Bandung pun memiliki prestasi yang tak kalah hebatnya. Beberapa prestasi serta dana hibah diperoleh para dosen baik dari instansi atau kementrian juga dari swasta, seperti:

1. 3 dosen menerima hibah penelitian kerja sama antar perguruan tinggi dengan total nilai hibah tahun pertama Rp 161.392.000 dan tahun kedua Rp 152.070.000.

2. 3 dosen prodi Teknik Industri menerima hibah kideireka dengan total nilai hibah sebesar Rp 198.693.000.

3. 7 dosen lolos menjadi dosen pembimbing lapangan program kampus mengajar dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan,  Riset,  dan Teknologi. 

4. 8 dosen lolos dalam program Digital Talent Scholarship dan Digital Leader Academy. 

5.STT Bandung bersama TNI Kodam Siliwangi melaksanakan program 1000 vaksin untuk para Mahasiswa, Alumni, dan masyarakat umum untuk percepatan program vaksinasi nasional. 

6. Dosen atas nama Muhamad Sabar berhasil membawa pulang 2 medali perak dan 2 medali perunggu. Medali tersebut didapat dari ajang PAPERNAS 2021 di Papua dari cabang olahraga atletik.

7. Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh para dosen dalam era digital informasi saat ini. Seperti workshop pembuatan website, diskusi online,  dan seminar-seminar yang dilakukan secara online selama tahun 2021.

Sekolah Tinggi Teknologi Bandung tak pernah berhenti untuk terus memberikan yang terbaik pada para mahasiswanya. Berbagai kerja sama dan bantuan dari berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta. Semua itu untuk kemajuan pendidikan dan peningkatan fasilitas yang ada. Berikut ini beberapa pencapaiannya, yaitu:

1. Hibah apresiasi dalam kompetisi kampus merdeka senilai Rp 1.500.000.000 berupa peralatan teknologi informasi yang dapat dinikmati oleh seluruh mahasiswa. 

2. Bantuan dana CSR dari PT. PLN sebesar Rp 162.000.000 untuk bantuan biaya pendidikan mahasiswa dan tunjangan fasilitas laboratorium.

3. Beasiswa Kemendikbud sebesar Rp 1.707.000.000 bagi 651 mahasiswa dari semua prodi. 

4. Beasiswa Jabar Future Leader bagi mahasiswa dan dosen untuk melanjutkan pendidikan. 

5. Beasiswa walikota Bandung sebesar Rp 2.200.000.000 untuk mahasiswa yang berdomisili kota Bandung. 

6. Beasiswa yayasan LPPI Bandung sebesar Rp 3.000.000.000 berupa potongan biaya kuliah, beasiswa mahasiswa berprestasi, dan kalangan kurang mampu. 

Pada wisuda hybrid kali ini STT Bandung melakukan penandatanganan MOU dengan beberapa pihak. Hal tersebut demi kemajuan dan peningkatan fasilitas serta hal mendukung lainnya. Tentunya segala upaya dilakukan oleh pihak kampus untuk kemajuan lembaga dan mahasiswanya. 

Para mahasiswa yang menjadi wisudawan akan berganti presikat menjadi alumni dann

 membawa nama almamater. Sehingga diharapkan akan selalu berusaha untuk tetap menjaga sikap, perilaku, serta nama baik. Apalagi kini STT Bandung tengah bersiap menuju Universitas di tahun 2022. Tak heran jika kini tengah bebenah diri dan menyiapkan segala sesuatu untuk menjadi kampus terbaik dan terdepan di Indonesia. 

Diakhir acara, tak lupa para wisudawan memberikan apresiasi pada orang tua yang telah berkorban segal sesuatu untuk putra-putrinya. Diumumkan serta diberikan pula penghargaan kepada para mahasiswa yang berprestasi dari semua prodi. Sebelum acara ditutup, diperlihatkan kaleidoskop para wisudawan sejak awal menjadi mahasiswa hingga kini. 

Sebuah acara wisuda hybrid yang bukan hanya menonjolkan sisi akademik, akan tetapi juga moril. Pesan-pesan disampaikan baik dari ketua STT Bandung, yayasan LPPI, bahkan dari sesama wisudawan. Tak lupa doa terbaik dipanjatkan pada akhir acara, karena ini merupakan awal masa depan bagi para wisudawan. 

Wisuda hybrid yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Teknologi Bandung kali ini sangat meriah dan bermaksa. Meski begitu tak membuat semua peserta yang hadir luap dengan protokol kesehatan. Sejak memasuki ruang wisuda, semua mengenakan masker dan juga sarung tangan yang telah disediakan oleh panitia. Sukses selalu untuk STT Bandung dalam melahirkan generasi muda melek teknologi dan berakhlak. 




#WisudaXVI

#ErickThohir

#STTBandung

#2022GoesToUniversity

#KampusMerdeka

#CampusofFutureLeader ⁣

#CampusofTechnology⁣

#CampusofCreativity ⁣

#CampusofDesign⁣

#CampusofInnovation

2 komentar:

  1. Keren dan ikut terharu ya, Bu, atas Wisuda XVI STTB kemarin. Selamat kepada para Sarjana semoga ilmunya bermanfaat dan barokah, aamiin ya Rabb

    BalasHapus