Jumat, 28 April 2017

Si Kembar Beda Umur

SI KEMBAR BEDA UMUR

Mempunyai anak-anak yang umurnya berdekatan sangatlah menyenangkan sekaligus menguras energi. Bagaimana tidak menguras energi, normalnya seorang ibu mengurusi satu anak pada usia balita kecuali yang memiliki anak kembar. Namun ada juga yang memiliki dua orang anak yang berjarak usia berdekatan. Orang seringkali mengira mereka adalah kembar karena beda umur yang hanya 1-1,5 tahun apalagi jika si kecil memiliki badan yang hampir sama dengan sang kakak. Maka orang lain di luar lingkaran keluarga akan mengira mereka kembar.

Bagi kedua anak tersebut itu tidaklah menjadi masalah karena mereka senang mempunyai saudara yang dianggap seumur.  Bagi anak tersebut, mereka merasa tidak memerlukan teman bermain karena dapat bermain hanya berdua. Satu sama lain dapat saling mengisi kekurangan, walaupun adakalanya mereka bertengkar karena hal-hal kecil seperti batas mainan ataupun warna mainan.

Dalam beberapa hal sangat menyenangkan karena Emak merasakan capenya sekaligus juga tidak direpotkan dengan banyak perbedaan dalam beberapa hal, namun ada hal-hal yang membuat Emak harus banyak berpikir karena sifat yang berbeda. Terutama saat mereka mulai menginjak usia sekolah, akan lebih banyak lagi yang menjadi bahan pertimbangan apalagi  Emak yang setiap waktu menemani mereka.
Berikut beberapa hal yang bisa Emak gunakan dalam menyiasati  perbedaan mereka :
1. Membeli pakaian yang sama hanya beda warna.
2. Mainan yang sama namun beda motif atau beda warna.
3. Masing-masing anak mempunyai box mainan sendiri.
4. Bersekolah diyayasan yang sama walaupun beda tingakatan, contohnya sang kakak di SD dan sang adik di TK.
5. Menyiapkan sarapan atau makanan sebelum mereka bangun, sehingga tidak ada yang merasa didahulukan.

Sebetulnya masih banyak hal yang dapat Emak siasati untuk meredam persaingan diantara mereka. Tentunya saja, Emak harus banyak belajar mengenal sifat masing-masing anak. Juga kreatif dalam berbagai hal terutama saat anak-anak berebut mainan ataupun makanan. Memang tidaklah mudah memiliki anak-anak yang memiliki jarak usia yang berdekatan, namun kita menjadi lebih bersabar dalam menghadapi banyak hal karena tidak sudah teruji saat menghadapi anak kembar beda umur.
Semoga sedikit ulasan ini dapat membantu Emak yang memiliki anak dengan jarak usia yang berdekatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar