Selasa, 26 Januari 2021

Media Sosial, Kenali dan Gunakan Dengan Bijak


Perkembangan teknologi serta jaman yang terus berubah membuat kita mau tak mau ikut mengimbanginya juga. Banyak informasi yang tersebar serta mudah didapat menjadi kelebihan yang dimiliki pada jaman ini. Apapun informasi mengenai benda atau pun berita hanya memerlukan waktu beberapa menit saja. Semua tersaji dengan lengkap  dan mudah, termasuk media sosial. Sekarang ini hampir semua kalangan serta usia mengenal dan menggunakannya.

Penggunaan media ini bukan hanya oleh kalangan dewasa atau professional saja, kini anak-anak pun banyak yang memilikinya. Apalagi ditengah pandemic yang telah melanda lebih dari satu tahun. Dimana banyak kegiatan yang berubah dan dilakukan secara online atau daring di rumah. Hal ini tentu saja memicu kebiasaan baru para anak usia sekolah dengan alasan tugas sekolah. Akan tetapi jika tak diawasi maka anak dapat menjadi ketagihan dan sulit melepaskan diri.

Banyaknya media sosial yang ada mau tak mau memberikan kelebihan atau keuntungan jika kita dapat memanfaatkan dengan bijak. Tapi jika tak dapat memanfaatkannya, maka tak sedikit yang justru malah menjadi sebuah bencana. Tak sedikit tindak kriminal seperti penipuan hingga keretakan rumah tangga yang awalnya dari sebuah media sosial. 

Contoh yang paling banyak adalah dari perkenalan yang kemudian berkembang dengan pertemuan dan akhirnya niat buruk pun  timbul. Facebook, Instagram dan masih banyak lagi contoh dari media yang umum dimiliki dan digunakan. Apalagi kini hampir semua orang bahkan anak-anak memiliki sebuah ponsel pintar. Hal ini semakin memudahkan kita juga anak-anak memiliki akun dibanyak media. Oleh karena itu diperlukan peran kita sebagai orangtua untuk dapat memberikan arahan pada anak-anak.

Menggunakan media sosial sesungguhnya memiliki banyak kelebihan yang dapat dijadikan keuntungan. Berikut ini beberapa hal yang dapat kita manfaatkan dari salah satu atau beberapa media tersebut, diantara :

Menemukan teman yang atau pun saudara yang terpisah jarak serta waktu sekian lama. Tak sedikit pertemanan kembali terjalin setelah sekian lama tak mengetahui kabar masing-masing. Ada pula antara saudara yang akhirnya dapat bertemu dinegara asing yang sama berkat postingan di sebuah media.

Mempromosikan sebuah karya atau pun produk yang dimiliki. Yang satu ini paling banyak dilakukan saat ini karena lebih mudah juga hemat biaya. Berpromosi disebuah media seperti Facebook atau pun Instagram terbukti mampu menaikkan omset penjualan.

Memperkenalkan tempat usaha yang baru dimiliki juga lowongan pekerjaan. Tak sedikit tempat usaha baru yang diperkenalkan ke masyarakat umum, begitu pula dengan informasi pekerjaan. Menjadi sangat mudah untuk menginformasi sebuah lowongan pekerjaan di media sosial.

Dan masih banyak lagi kelebihan dari sebuah media seperti Facebook yang dapat dijadikan keuntungan untuk Anda gunakan. Menggunakan dengan bijak sangat diperlukan terutama pada anak-anak agar tak menjadi masalah ke depannya. Karena tak sedikit hal buruk terjadi akibat dari kekurangtahuan, seperti :

Tergoda untuk mengetahui kabar seseorang hingga akhirnya menimbulkan rasa tak nyaman. Bisa jadi akhirnya kemudian malah timbul rasa suka akibat sering berkomunikasi. Tak sedikit yang kemudian terjadi perceraian karena munculnya orang ketiga dari sebuah perkenalan.

Banyak anak remaja yang terjerat perdagangan manusia atau human trafficking karena tergoda rayuan dari seseorang di media. 

Penipuan usaha seperti wedding organizer atau pun arisan online dengan tawaran yang sangat menggiurkan.

Untuk itu kita perlu bijak dan tak terbawa emosi saat memakai atau pun aktif diberbagai media. Selalu teliti terlebih dahulu, apalagi jika ada yang menawarkan produk atau pun jasa dengan harga yang sangat murah. Atau pun memberikan bonus yang cukup besar, maka perlu diwaspadai. 

Selalu mengenali serta bijak dalam menggunakannya, akan dapat menghindarkan kita dari kemungkinan masalah atau hal buruk yang terjadi. Karena media sosial bagaikan dua mata pisau yang tergantung kita bagaimana menggunakannnya. Hal ini pula yang harus ditanamkan dan diberi pengertian pada anak-anak.


Tulisan ini diikutsertakan dalam 30 days writting challenge sahabat hosting. 

7 komentar:

  1. Benar adanya media sosial bagaikan dua mata pisau yang tergantung kita bagaimana menggunakannnya. Maka mesti bijak kita memanfaatkannya. Apalagi jika anak-anak sudah punya media sosial, mesti dalam pengawasan pasti

    BalasHapus
  2. Ini yang lagi banyak digunakan di media sosial, yaitu sebagai sarana promosi buat kita mengenalkan produk baik produk makanan juga mempromosikan produk dan karya termasuk karya kita dalam bentuk tulisan

    BalasHapus
  3. Media sosial yang paling banyak dan gampang sekarang grup WA ya. Tapi kadang jadi jengkel sih, di grup-grup WA yg suka nyebar hoax. Bener-bener harus bijak deh menggunakan medsos

    BalasHapus
  4. bener ya, kita harus banget bijak dan hati-hati dalam penggunaan media sosial, makanya anak-anak sebisa mungkin harus dipantau dalam penggunaan sosmed, biar tetap terjaga dan enggak melakukan hal yang aneh-aneh. makasih sharingnya.

    BalasHapus
  5. Setuju Mbak, media sosial itu seperti dua mata pisau yang bisa menguntungkan atau merugikan. Kita harus bisa menggunakan media sosial dengan bijak.

    BalasHapus
  6. Penggunaan media sosial yang bijak sebenarnya bisa mendatangkan banyak keuntungan, terutama bagi pebisnis. Banyak ilmu yang bisa kita gali dari sana.

    BalasHapus
  7. Apalagi kalau digunakan sebagai sosial media marketing ya, Kak... Pasarnya jadi semakin luas... Hehehe

    BalasHapus