Sabtu, 23 Januari 2021

Pantai Cantik dan Taman Nasional, Wisata Impian Kami


Pantai menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak dipilih serta dikunjungi oleh berbagai kalangan masyarakat, tak terkecuali saya. Apalagi Indonesia memiliki pantai cantik  yang keindahannya tak diragukan lagi. Bukan hanya masyarakat Indonesia saja, banyak turis asing yang sengaja menghabiskan liburan dipantai.

Indonesia memiliki banyak kekayaan alam yang tak terhingga jumlahnya dan menjadi keunggulan dibandingkan dengan negara lainnya. Termasuk di pulau Jawa yaitu Provinsi Banten, yang menjadi destinasi wisata pantai terbaik. Pantai-pantai yang berjejer sepanjang kota Cilegon menjadi pilihan untuk berlibur. Bukan hanya untuk pasangan muda saja, pantai di Anyer, Cilegon juga sangat cocok untuk keluarga.

Kebanyakan wisatawan lebih mengenal Tanjung Lesung atau pantai Carita untuk tujuan wisata, padahal terdapat lebih banyak dari itu. Hal itu pun baru saya ketahui saat mengikuti suami bekerja disalah satu perusahaan swasta di kota Cilegon. Sebuah kota kecil dengan banyak pantai cantik yang awalnya terasa asing, apalagi dengan membawa dua bocah kecil yang masih berusia 2 tahun dan 3,5 tahun. Membiasakan diri di kota yang memiliki suhu lebih panas dibandingkan dengan kota asal Bandung, tidaklah mudah.

Saat awal menginjakkan kaki ke kota ini, kesan pertama adalah udara panas juga industri yang berjejer disepanjang jalan. Kebetulan tempat tinggal kami dekat ke pelabuhan Pelindo II, sehingga lebih banyak melihat pabrik-pabrik. Namun, mendekati Anyer, pantai berpasir putih mulai terlihat meskipun masih banyak yang terbengkalai. Udara sejuk dari angin laut semakin terasa meskipun cuaca saat itu terasa cukup panas.

Pantai cantik menjadi salah satu tujuan kami berwisata diakhir pekan, apalagi anak-anak sangat menyukai bermain pasir dan air laut. Kesempatan ini tak kami sia-siakan, kapan lagi bisa puas wisata ke pantai tanpa mengeluarkan banyak biaya. Sejakl kecil tinggal di kota yang besar seperti Bandung, berwisata dan menghabiskan waktu di pantai menjadi sebuah impian yang terwujud. Apalagi di sepanjang Anyer kami menemukan banyak pantai yang ternyata tak kalah indahnya dengan Tanjung Lesung.

Pantai Florida, Matahar, Pasir Putih, sangiang, Sambolo dan masih banyak pantai-pantai yang dapat dikunjungi setiap minggunya. Belum lagi terdapat destinasi lainnya seperti karang bolong dengan legenda serta penangkaran hewan. Anak-anak jadi memiliki banyak pengalaman selain berwisata dan menghabiskan waktu di pantai. Berwisata sambil belajar dapat pula didapat dengan hanya berkunjung di kota dengan pantai indah ini.



Pantai Karang Bolong Nan Cantik

Nama Karang Bolong tentunya tak asing dimasyarakat Indonesia dan menjadi ikon kota Anyer selain pantainya. Sebuah pantai yang terdapat karang yang cukup besar dengan legenda yang cukup terkenal. Merupakan tempat dimana seorang pertapa yang berilmu tinggi bertapa di pantai ini. Batu karang yang berlubang cukup besar akibat dari letusan gunung kratakau pada tahun 1883.

Pantai cantik yang menjadi magnet para wisatawan ke Anyer, Cilegon ini tak pernah sepi pengunjung. Terdapat karang dengan lubang berdiameter sekitar 50 meter ini menjadi sangat eksotis untuk melihat pemandangan laut. Selain itu kami pun dapat melihat anak gunung karakatau dari kejauhan. Sebuah wisata yang sangat menyenangkan bagi kami sekeluarga. Hampir semua pantai yang ada di Anyer telah kami datangi hingga ke Tanjung lesung dan anak-anak tak pernah bosan setiap kali mengunjunginya. 

Bukan sekedar bermain di pantai anak-anak juga belajar banyak hal mengenai alam dan cara untuk menjaga kelestariannya. Dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak terumbu karang yang ada, membuat tulisan atau ukiran di pohon itu yang kami ajarkan pada anak-anak. Menanamkannya sejak kecil akan lebih mudah dan menjadi sikap yang akan terus menempel hingga mereka dewasa.



Taman Nasional Ujung Kulon

Dari semua tempat wisata terutama pantai cantik di anyer dan sekitarnya telah kami datangi semua, hanya satu yang belum. Dan hal itu belum terwujud karena kami terpaksa kembali ke kota asal Bandung. Pekerjaan suami yang berganti kota, memaksa kami meninggalkan kota yang cukup lama dan telah melekat di hati. Hingga kini semua kenangan berwisata di pantai yang ada di Anyer selalu menjadi kenangan terutama pada anak-anak.

Taman nasional Ujung Kulon adalah destinasi wisata yang belum sempat dikunjungi dan kelak akan kami akan kesana. Sebuah taman nasional yang terkenal dan menjadi habitat dari salah satu hewan yang hampir punah. Badak bercula satu merupakan hewan yang jumlahnya semakin berkurang akibat perburuan liar. Berada diujung pulau Jawa, taman nasional ini menyimpan banyak pesona bagi semua wisatawan yang datang.

Taman nasional Ujung Kulon juga memiliki pantai cantik juga karena terdapat empat pulau kecil yaitu Pulau Peucang, Pulau Handeleum, Pulau Honje dan Pulau Panaitan. Pulau-pulau kecil tersebut menjadi tujuan banyak pasangan muda karena tak terlalu ramai dan membutuhkan sedikit perjuangan untuk mencapainya. Hal ini pula yang menjadikan pulau di taman nasional ujung kulon sangat diminati banyak wisatawan.

Taman nasional yang memiliki banyak kekayaan alam baik flora maupun fauna selain pulau dan pantai yang sangat eksotis. Disini pula bukan hanya badak bercula satu yang langka  berada juga hewan lainnya yang hampir punah. Badak Jawa, kura-kura hijau, macan tutul, owa abu-abu dan masih banyak lagi. Sebuah destinasi wisata yang kelak akan kami datangi agar dapat mengenalkan hewan menjakjubkan dan hampir punah di negeri ini.

Sebuah wisata impian yang akan membuat ana-anak banyak belajar secara langsung mengenai kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia. Setelah pandemi ini berakhir dan semoga secepatnya, taman nasional Ujung Kulon akan menjadi sebuah wisata yang tak terlupakan. Sama seperti sebelumnya saat kami berlibur di pantai cantik yang ada di Anyer dan sekitarnya


Tulisan ini diikutsertakan dalam 30 days writting challenge sahabat hosting

6 komentar:

  1. Wah aku kangennnnnnn banget ama pantai mba. Udah beberapa tahun nggak main ke pantai. Karena emang lokasi pantai yang ingin aku datangi juga jauh dari rumah lokasinya. Rencananya tahun kemarin mau ngajak keluarga besar main k pantai. Eh malah pandemi dan nggak berani juga pergi karena akunya lagi hamil. Aduh semoga pandeminya segera berlalu ya. Aku kangen pantai huhuhu 😭

    BalasHapus
  2. Duuuh...kangen pantai. Terakhir ke pantai tahun 2019 dong. Tahun 2020 batal, karena pandemi. Mana aku ya tinggal di Bandung, jauh dr pantai. Jawa Barat banyak juga sebenernya ya pantai² yg indah...

    BalasHapus
  3. Kota tempat tinggalku termasuk jauh dari pantai mbak, karena kami berada di wilayah pegunungan. Oleh sebab itu, wisata ke pantai selalu menjadi momen yang paling ditunggu oleh anak2, karena mereka akan bebas berenang di bibir pantai dan bermain pasir sepuasnya. Ada juga pantai yang memiliki pulau di tengahnya, jadi kami bisa menaiki perahu motor ke sana. Pantai memang selalu menjadi pilihan wisata yang menyenangkan dan menarik.

    BalasHapus
  4. wisata pantai memang menyenangkan mbak. Aku sendiri karena alergi dingin, lebih memilih pantai daripada gunung untuk tujuan wisata keluarga. Pantai di Banten ternyata banyak juga ya..

    BalasHapus
  5. Aku baru sekali ke Anyer hehehe.. itupun dah lamaaa banget jaman masih single available wkwkwkwk. Waktu itu karena masih gawe di Jakarta jadi mayan deket ke Anyer. Sekarang udah di Jogja mainnya ke pantai deket-deket skni. Wisata pantai tuh ngangenin yaaa

    BalasHapus
  6. Saya sudah pernah ke Anyer, Carita dan Tanjung Lesung...Ternyata banyak Pantai di sepanjang Anyer ya...dan bagus-bagus.
    Enggak bakal habis dieksplor . Terus Ujung kulon, belum kesampaian ke sana. Dan senangnya kini akses jalan makin mudah dan bagus. Jadi gampang kalau mau berwisata

    BalasHapus