Selasa, 23 Februari 2021

Jeli Melihat Peluang Saat Pandemi Melanda

                                                                                      Sumber : Pinterest.com

Bertahan dimasa pandemi seperti sekarang ini tentulah bukan hal mudah, apalagi telah berlangsung selama lebih dari setahun.  Bukan hal mudah,  terutama karena banyak sektor usaha yang terkena imbasnya.  Banyak pekerja yang terpaksa berdiam di rumah untuk waktu yang tak terbatas.  Bisnis serta usaha banyak yang menurun omset penjualan bahkan tak sedikit yang akhirnya mengalami kebangkrutan.  Jeli melihat peluang menjadi salah satu hal yang wajib Anda miliki agar dapat bertahan dimasa pandemi sekarang ini. 

Dalam berbagai kondisi ekonomi sesungguhnya peluang selalu ada,  asalkan Anda lebih teliti dan jeli. Apalagi bagi seorang ibu yang harus dapat lebih cermat serta tanggap dengan situasi yang ada. Terlebih lagi kini berbagai kalangan termasuk ibu rumah tangga lebih melek teknologi.  Aktif dan memiliki akun media sosial menjadi hal biasa saat ini. Banyak kemudahan yang bisa Anda dapat dan manfaatkan dari teknologi yang ada sekarang ini. Seperti penggunaan ponsel pintar untuk berbagai aktivitas termasuk untuk berbisnis serta bekerja. Memanfaatkannya dapat menjadi jalan untuk meraih peluang yang ada disekitar Anda. 

Jeli melihat peluang yang ada bukan hanya untuk bertahan hidup saja,  akan tetapi tak sedikit yang meraih sukses. Banyak jenis usaha yang justru berkembang dan meraih sukses bahkan ditengah pandemi sekarang ini.  Berikut ini beberapa jenis usaha yang bisa Anda coba. 

                                                                                      Sumber : pinterest.com

1. Berjualan secara online, selain merupakan tren dikalangan masyarakat juga sangat sesuai saat ini.  Banyak jenis produk yang dijual secara online seperti makanan, pakaian hingga elektronik.  Anda dapat berjualan melalui media sosial, status aplikasi chat bahkan di marketplace. 

Dengan adanya protokol kesehatan yang harus dijalankan,  maka berjualan secara online menjadi yang paling sesuai. Anda tak perlu langsung berinteraksi dengan banyak konsumen,  selain menjalankan protokol kesehatan juga lebih hemat. Anda dapat menghemat biaya untuk sewa tempat usaha juga karyawan. Apalagi sekarang ini banyak bisnis atau usaha yang tak memerlukan banyak modal. Anda dapat memilih beberapa jenisnya,  diantaranya :

a.  Produsen. Dengan jeli melihat peluang yang ada maka Anda yang memiliki kemampuan dalam membuat suatu produk dapat memilih menjadi produsen. Anda dapat menentukan harga jual serta keuntungan yang diinginkan. Anda dapat menyesuaikan dengan kemampuan atau daya beli masyarat.  Jika modal yang dimiliki tak banyak,  Anda dapat menggunakan sistem pre order atau p.o. Dengan demikian,  Anda dapat memaksimalkan modal yang dimiliki dan memproduksi hanya sesuai pesanan saja. 

b. Agen atau reseller. Sekarang ini banyak yang berbisnis dengan memilih sebagai reseller suatu produk. Anda yang ingin memiliki usaha atau bisnis sampingan tapi tak memiliki produk sendiri sangat sesuai dengan yang satu ini. Aturan yang diberlakukan akan berbeda-beda sesuai dengan ketentuan dari produk itu sendiri. Tak perlu memiliki banyak modal untuk sistem yang satu ini. 

c.  Dropshipper. Yang satu ini sangat banyak dipilih untuk Anda yang ingin repot dalam pengiriman pesanan.  Karena Anda hanya perlu beriklan,  menerima pesanan dan pembayaran.  Anda langsung meneruskan pesanan ke produsen atau supplier. Barang akan langsung dikirim ke pemesan dengan nama Anda sebagai pengirimnya oleh supplier. 

2. Jasa pengantaran barang. Bermunculan bisnis online sekarang ini,  membuka peluang baru.  Jeli melihat peluang saat ini dengan membuka jasa mengantarkan pesanan atau kurir dalam kota. Meskipun banyak perusahaan kurir saat ini,  akan tetapi jasa antar terutama makanan jadi atau beku masih sedikit. Harga yang terjangkau dalam area tertentu,  menjadi keunggulan yang dapat Anda berikan pada konsumen. 

3. Jasa belanja harian.  Yang satu ini masih jarang ditemukan,  dimana Anda dapat menerima untuk belanja kebutuhan sehari-hari seperti sayuran atau buah-buahan.  Kini lebih banyak orang yang memilih cara belanja online termasuk dengan berbelanja sayuran. Karena konsumen tak perlu berdesakan di pasar atau pun supermarket, tentunya harga yang ditawarkan pun terjangkau. 

4. Jasa penulisan. Berkegiatan di rumah membuat banyak orang harus jeli melihat peluang pekerjaan. Menerima jasa penulisan seperti artikel atau pun lainnya,  dapat menjadi salah satunya.  Anda tak perlu repot keluar rumah, akan tetapi masih tetap memiliki penghasilan. 

5. Jasa gambar atau konsultan perencanaan. Kini banyak ditawarkan jasa untuk gambar atau desain bangunan secara online. Anda cukup mengirimkan ukuran tanah dan detail bangunan yang diinginkan. Semua hal yang diperlukan untuk perencanan pembangunan sebuah bangunan atau kawasan tersedia dalam satu paket. 

Itulah beberapa usaha atau bisnis yang dapat Anda pilih salah satunya dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini.  Jeli melihat peluang disaat pandemi menjadi hal yang dapat membuat Anda bertahan.  Tak sedikit yang bukan hanya bertahan tapi malah menuai sukses ditengah pandemi. 


Tulisan ini diikutsertakan dalam 30 days writting challenge sahabat hosting

6 komentar:

  1. Bemar sekali ya mbak, semua kena imbas pandemi ini. Dan kita harus jeli melihat peluang yang ada. Setuju bukan hanya untuk bertahan hidup tapi juga untuk mencapai kesuksesan.
    Poin 1b aku sedang kerjakan mbak. Sukses selalu buat semua yang sedang menjalankan peluang yang ada.

    BalasHapus
  2. Senang baca blog Mbak Dina. Tulisan dan gambarnya rapi dan keren serta menginspirasi. Lanjutkan Mbak. Terus semangat😊

    BalasHapus
  3. Pandemi ini memang membawa banyak perubahan pada pola prilaku dan budaya kita ya. Tadinya online itu digunakan seperlunya. sekarang segala sesuatu enakan online. Jadi makin beragam pula profesi saat ini. Cocok buat masukan juga untuk profesi yang bisa digeluti saat pandemi ini -bacaanipeh

    BalasHapus
  4. benar sekali mbak, dengan jeli memanfaatkan peluang di masa pandemi ini bisa membuat kita mampu bertahan. Bahkan banyak yang memiliki profesi baru setelah pandemi. Semangat terus....

    BalasHapus
  5. Benar sekali, jeli melihat peluang disaat pandemi menjadi hal yang dapat membuat kita bertahan. Meski berat dengan semangat Insya Allah akan ada solusi. Beberapa teman beralih profesi saat pandemi dengan memanfaatkan peluang seperti di artikel ini. Dan ada yang bisa bahkan sukses menjalani.

    BalasHapus
  6. Di masa pandemi memang sepertinya banyak asoek yang terdampak ya mba. Karena itu bener banget kita harus cerdas menghadapinya. Dan berjualan secara online ini jadi salah satu cara yang ok. Aku smntr ini lebih milih jadi dropshipper utk meminimalisir kerugian atau modal hehe. Makasih mba tulidannt mencerahkan.

    BalasHapus