Senin, 22 Februari 2021

Saat Mood Menulis Hilang, Ini Tips Mudahnya



Menulis saat ini bukan hanya sekedar menjadi kewajiban yang dilakukan oleh para pelajar saja. Menulis juga dilakukan oleh banyak ibu rumah tangga baik itu sebagai pekerjaan atau pun hanya untuk menyalurkan hobi.  Karena kini menulis dapat dijadikan sebuah pekerjaan yang dilakukan disela-sepa kesibukan sebagai ibu rumah tangga.  Tak sedikit penulis,  blogger atau pun content writer yang merupakan seorang ibu rumah tangga.  Dan nyatanya bekerja dari rumah tak merubah tugas serta kewajiban utamanya,  meskipun terkadang ada kendala yang muncul.  Hilangnya mood menulis menjadi kendala yang paling sering dialami,  apalagi jika kesibukan di rumah sangat padat. 

Saat menulis,  diperlukan pikiran yang tenang serta waktu yang tepat agar dapat menghasilkan sebuah tulisan. Namun,  seringkali rutinitas atau berbagai hal yang berkaitan dengan anak-anak menjadi sebuah kendala.  Hingga akhirnya kegiatan menulis tertunda untuk waktu yang tak terhingga.  Apalagi ditengah pandemi yang melanda lebih dari setahun lamanya,  dimana lebih banyak aktivitas dilakukan di rumah.  Tugas seorang ibu pun kini semakin bertambah dengan menemani serta membantu anak-anak selama pembelajaran secara daring. Tak sedikit waktu yang harus disediakan seorang ibu untuk pembelajaran daring setiap harinya. 

Dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan dirumah dengan waktu yang cukup lama,  tak heran kemudian mood menulis mendadak hilang. Jika mood  terus menghilang,  tentunya akan menjadi sebuah masalah terutama jika terdapat batas pengerjaan.  Hal yang berkaitan dengan batas waktu ini biasa berlaku pada content writer yang menerima jasa penulisan artikel. Tentunya tak akan dan tak ingin dialami oleh siapa pun,  karena berkaitan dengan kelanjutan bisnis serta pemesanan selanjutnya. Untuk itu perlu adanya cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Seperti beberapa tips mudah untuk dilakukan. 



1. Rehat sejenak,  jangan mencoba menulis apapun meskipun hanya satu kata. Dengan demikian pikiran dapat sejenak istirahat dan diharapkan dapat segar kembali. Dengan cara ini Anda dapat menemukan kembali mood menulis yang sempat hilang akibat terlalu banyak yang dipikirkan. 

2. Membaca novel, komik juga drama korea. Cara yang satu ini terbukti cukup ampuh, bukan hanya untuk mengembalikan mood saja tapi juga dapat menambah ide. Terutama bagi seorang penulis fiksi,  dengan membaca novel atau pun menonton drama korea dapat sangat membantu.  Apalagi sekarang ini banyak aplikasi untuk membaca novel atau pun menonton drama yang sedang digandrungi terutama oleh kaum perempuan. 

3. Berjalan-jalan ke taman atau sekitaran komplek atau rumah. Bukan hanya memancing mood untuk menulis kembali lagi tapi badan pun akan terasa lebih segar. Berjalan-jalan terutama di pagi hari,  akan membuat badan juga pikiran lebih segar dan sehat.  Dengan demikian mood menulis pun dapat segera didapat tanpa harus melakukan banyak hal. 

4. Memasak atau melakukan hobi lainnya. Saat merasa jenuh dengan rutinitas menulis,  melakukan hobi atau kegiatan lainnya yang disenangi dapat menjadi sebuah hiburan sekaligus refreshing.  Memasak atau membuat aneka cemilan untuk keluarga tentu dapat sejenak mengalihkan pikiran yang terasa sumpek. Atau sekedar duduk santai di depan rumah sambil mendengarkan lagu melalui headset dapat pula menjadi pilihan lainnya. 

Dengan beberapa tips mudah di atas,  maka Anda tak perlu panik,  pusing apalagi repot dengan usaha untuk mengembalikan mood menulis.  Karena hal tersebut wajar terjadi dikala Anda terlalu lama dan padat dalam berbagai aktivitas menulis setiap harinya.  Otak atau pikiran perlu juga rehat dan santai sejenak agar dapat bekerja lebih maksimal nantinya. 


Tulisan ini diikutsertakan dalam 30 days writting challenge sahabat hosting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar