Minggu, 21 Februari 2021

Kartini-kartini Pahlawan Keluarga Masa Kini



Wanita yang dijaman sekarang ini bukan hanya sekedar menjadi ibu rumah tangga saja, akan tetapi jauh lebih dari itu.  Banyak orang-orang sukses dunia yang merupakan seorang wanita dengan kesuksesan yang luar biasa. Namun,  dibalik yang dunia tahu lebih banyak lagi wanita hebat yang sukses dalam keluarga.  Mendidik serta melahirkan orang sukses dengan sentuhan tangan seorang ibu.  Kartini pahlawan keluarga yang berjuang selama hidupnya demi kebahagiaan serta kesuksesan putra putrinya. 

Seorang wanita sekarang ini jauh lebih mandiri dan juga berpengetahuan luas dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu.  Kini dengan perkembangan jaman serta teknologi,  seorang wanita bahkan seorang ibu sekali pun jauh berkembang.  Seorang ibu rumah tangga kini bukan hanya mengurusi rumah serta keluarga saja,  tapi multitasking. Banyak wanita sekaligus ibu rumah tangga yang meraih sukses tanpa meninggalkan kewajibannya.  Inilah kartini pahlawan rumah tangga yang sesungguhnya di era modern tanpa terpengaruh dengan hal negatif yang ada. 

Ditengah pandemi yang melanda selama lebih dari satu tahun lamanya,  peran wanita sekaligus ibu menjadi sangat berarti dan penting adanya. Karena semua kegiatan kini dilakukan hanya dari rumah termasuk dengan bersekolah secara daring.  Bahkan kini banyak usaha atau bisnis yang terpaksa dijalankan dari rumah juga. Namun,  semua itu tak mengurungkan niat serta usaha seorang ibu demi keluarganya.  Seorang ibu kini menjadi sangat multitasking dengan terpaksa karena keadaan.  Namun hal itu justru semakin menunjukkan kemampuan luar biasa yang dimiliki oleh kartini pahlawan keluarga masa kini. 

Kini seorang ibu memiliki tugas yang lebih banyak,  yaitu :

1. Menjadi guru selama pembelajaran dilakukan di rumah akibat pandemi. Kondisi ini mau tak mau seorang ibu menjadi seorang guru dadakan dan menambah pengetahuan demi anak-anaknya. Seorang ibu semakin melek dengan teknologi secara tidak langsung karena harus membantu anak-anak mengerjakan tugas sekolah. 

2. Menjadi pencari nafkah,  karena sejak pandemi banyak suami atau kepala keluarga yang terkena phk. Sehingga tak sedikit ibu atau istri yang berjualan online sekaligus mengembangkan kemampuan yang dimilikinya selama ini. Kebanyakan berjualan aneka makanan atau pun menerima pesanan kue juga masakan. Berjualan di rumah menjadi alternatif paling tepat saat ini. 

3. Memastikan kondisi seluruh anggota keluarga dalam kondisi aman dan nyaman.  Ditengah kondisi pandemi,  kartini pahlawan keluarga sebagai sosok yang paling melindungi terutama pada anak-anak. Kesehatan dan protokol yang harus dijalankan oleh anak-anak membuat ibu harus extra berusaha. Karena pemahaman anak-anak tak semudah orang dewasa,  maka ibu harus menjadi seorang konsultan medis bagi mereka. 

4. Ibu melek teknologi yang bukan disengaja adanya,  akan tetapi karena tuntutan jaman agar dapat mengimbangi anak-anaknya.  Apalagi anak jaman sekarang lebih kritis dan mengikuti perkembangan teknologi yang ada.  Dengan demikian ibu pun harus dapat mengimbanginya.  Bahkan tak sedikit kemudian banyak bermunculan penulis,  content writer,  blogger ataupun pebisnis online. 

Menjadi seorang ibu atau wanita dijaman digital sekarang ini tak lagi ada pembatasan dalam beraktivitas serta berekspresi. Bukan hanya berkutat dengan pekerjaan rumah saja,  kini wanita dapat berekspresi meskipun dari rumah.  Bahkan tak sedikit yang dapat dijadikan sebagai penghasilan untuk menopang hidup keluarga. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada sekarang ini,  banyak wanita yang justru berhasil dan merasakan kesuksesan. Tanpa harus keluar dari rumah dan tetap menjalankan kewajiban sebagai seorang ibu juga istri, sukses masih dapat diraih. Kartini pahlawan keluarga kini beradaptasi dengan kemajuan jaman dan teknologi tanpa mengeluh dengan kondisi yang ada. 


Tulisan ini diikutsertakan dalam 30 days writting challenge sahabat hosting. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar