Senin, 08 Februari 2021

Mengatur Keuangan Rumah Yang Mudah dan Praktis

Keuangan menjadi hal yang pasti dihadapi baik itu untuk kepentingan pribadi atau pun pekerjaan. Keuangan bukan hanya merupakan pembukuan rumit seperti yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan saja. Keuangan rumah tangga juga termasuk loh bun, meskipun terlihat sederhana. Meskipun tak serumit keuangan sebuah perusahaan tapi mengaturnya sangat diperlukan.  Mengatur keuangan umumnya menjadi tugas seorang istri atau ibu rumah tangga. Karena umumnya seorang istri yang juga ibu rumah tangga harus berhadapan dengan masalah keuangan di rumah setiap harinya. 

Keuangan didalam sebuah rumah,  pastinya dianggap hal biasa dan mudah untuk mengelolanya. Padahal nyatanya ga semudah itu ya bun,  seringkali belum sampai akhir bulan uang sudah abis. Apalagi jika telah memiliki buah hati yang bersekolah,  pengeluaran setiap bulannya pasti tak sedikit.  Dan saat kondisi ekonomi seperti sekarang, bunda perlu pintar-pintar mengaturnya. 

Sangat berbeda kala masih sendiri atau single,  tak serumit dan banyak yang harus diatur ya bun. Hanya mengatur untuk biaya transportasi,  makan siang ditempat kerja, tabungan dan dana lainnya seperti asuransi kesehatan atau cicilan jika memiliki. Mungkin saat itu bunda tak serepot atau pusing mengaturnya,  sedangkan sekarang banyak yang berubah. Bukan hanya mengenai besarnya uang yang masuk atau diterima setiap bulannya juga pengeluaran rutin dan tidak. Karena dalam kehidupan sehari-hari seringkali segala sesuatu tak selalu berjalan seperti yang telah direncanakan. 

Sekarang ini banyak aplikasi keuangan yang dapat membantu dalam mengatur keuangan. Meskipun umumnya digunakan untuk keuangan sebuah bisnis atau juga perusahaan. Tapi sebenarnya ada cara yang mudah bun,  untuk dapat mengelola keuangan dan tanpa harus menggunakan aplikasi loh. Beberapa cara jadul atau lama yang mungkin bisa bunda pilih dan gunakan, mudah dan praktis. 

1. Mencatat pada sebuah buku. 

Jadul banget ya bun?  Tapi terbukti loh,  cara yang satu ini mampu membantu untuk dapat mengelola dana setiap bulannya. Bunda  yang suka segala sesuatunya tercatat atau sering lupa, ada baiknya menggunakan cara ini.  Cukup dengan memiliki sebuah buku khusus untuk mencatat pemasukan serta pengeluaran setiap bulannya. Meskipun cara mengatur keuangan yang satu ini mulai terlupakan untuk kalangan rumah tangga. 

a.  Siapkan satu buku khusus untuk pencatatan semua uang masuk juga keluar. 

b. Siapkan juga satu buku lainnya yang dikhususkan untuk mencatat rencana pengeluaran bulan depan. 

c.  Biasakan untuk mencatat pengeluaran atau kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi bulan depan. 

d.  Saat awal bulan atau menerima pemasukan baik itu gaji suami atau pun gaji bunda juga, jangan lupa untuk langsung mencatatnya. Jangan pernah menunda meskipun satu hari,  karena bisa jadi keesokan harinya uang telah berkurang tanpa disadari. 

e.  Setelah mencatat uang masuk,  kemudian catat juga pengeluaran rutin yang sebelumnya telah dicatat di buku pengeluaran. 

f.  Jika ternyata masih ada uang sisa setelah dikurangi pengeluaran rutin,  maka simpan uang tersebut dengan membaginya menjadi dua. Satu untuk tabungan dan satu lagi dana cadangan. Karena terkadang terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti sakit dan lain-lain. 

2. Amplop sebagai alat untuk mengatur keuangan. 

Cara yang satu ini,  saya pakai juga bun sejak awal menikah hingga sekarang. Bukan hanya praktis juga menghindari sifat boros yang datang tak terduga.  Maklum bun, seringkali mata kalap kalau lihat online shop atau marketplace. Kembali lagi ke urusan keuangan,  mungkin digunakan oleh ibu rumah tangga lainnya. Menggunakan beberapa amplop untuk memisahkan semua kebutuhan yang biasa atau rutin. 

a.  Siapkan beberapa amplop dan beri tulisan didepannya untuk setiap pengeluaran.  Contohnya bayar cicilan rumah, listrik,  belanja dapur,  spp anak,  asuransi kesehatan dan lain-lain. 

b. Saat bunda menerima gaji atau penghasilan diawal bulan, maka dapat langsung membaginya untuk setiap amplop. Isi setiap amplop sesuai dengan besar dana yang biasa dikeluarkan setiap bulannya. 

c.  Jika ternyata masih terdapat uang sisa,  Anda dapat menyimpannya untuk tabungan serta dana tak terduga.  Bisa jadi dalam beberapa hari bunda harus mengeluarkan dana untuk keperluan tak terduga. 

Mudahkan bun untuk dapat mengatur keuangan rumah tangga,  tanpa perlu mengunakan aplikasi di ponsel pintar.  Meskipun terkesan kuno tapi terbukti dengan cara diatas,  dapat menghindari keuangan yang tak terkontrol. Selain itu bunda dapat terhindar dari kemungkinan uang habis sebelum akhir bulan. Selamat mencoba ya bun, pilih dan gunakan apa yang sesuai.


Tulisan ini diikutsertakan dalam 30days writting challenge sahabat hosting. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar