Minggu, 09 Desember 2018

Moment Terbaik Seorang Mahasiswa



Perjalanan hidup seseorang pastilah berbeda-beda, ada yang datar saja namun ada juga yang penuh dengan tantangan. Tak terkecuali perjalanan dan perjuangan seorang mahasiswa. Dengan tujuan utama menuntut ilmu dan memberikan hasil akhir yang membanggakan orangtua. Setiap mahasiswa pasti pernah mengalami suatu masalah ataupun rintangan dalam memuntut ilmu. Namun saat semua masalah ataupun rintangan dapat teratasi hingga akhirnya mencapai titik tertinggi yaitu wisuda, maka itu hanya menjadi kenangan.

Moment wisuda adalah suatu moment yang sangat dinantikan oleh setiap mahasiswa. Di moment itulah, setiap mahasiswa dapat memberikan hasil atas semua usaha dan kerja keras selama menuntut ilmu di universitas. Seperti yang terjadi pada acara wisuda STTB  yang ke XIII pada hari sabtu tanggal 8 Desember 2019 yang bertempat di Harris Hotel dan Convention, festival citylink, Bandung.

Acara wisuda bagi 183 wisudawan dari dua jurusan yaitu 77 jurusan Informatika dan 106 Tehnik Industri ini berlangsung sangat meriah. Acara yang juga menampilkan budaya sunda dan wisudawan-wisudawan terbaik. STTB berdiri pada tanggal 5 Oktober 1991 ini telah melaksanakan wisuda sarjana sebanyak 13kali. Memiliki 120 dosen yang merupakan 96% adalah lulusan S2 dan di tahun 2019 diharapkan 70%nya adalah S3. Jumlah mahasiswa STTB pun tiap tahunnya semakin meningkat, tercatat tahun 2018 memiliki 1250 mahasiswa yang berarti naik 20% dari tahun sebelumnya.

Menjadi lulusan atau sarjana dari STTB tidak memerlukan waktu lama untuk dapat menikmati dunia kerja, hanya 45 hari waktu tunggu. Hal ini disebabkan karena pihak STTB telah menjalin banyak kerjasama dengan perusahaan dalam juga luar negeri. Bagi mahasiswa ataupun lulusan yang berprestasi tentunya tawaran pekerjaan langsung menanti bagi mereka. Salahsatu mahasiswa yang berprestasi adalah Tina Sri Handayani. Tina Sri Handayani Mahasiswa Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Bandung yang berhasil meraih Medali Emas pada cabang olahraga (CABOR) Lari 200M, Medali Perak Cabor Lompat Jauh, dan Medali Perunggu pada Cabor Lari 100M pada Event Pekan Paralimpik Daerah (PEPARDA) V 2018 yang diselenggarakan di Bogor, Stadion Pakan Sari Cibinong. Hal ini membuktikan bahwa STTB juga merupakan kampus yang ramah pada kaum Difabel.

Pada acara wisuda ini juga diisi dengan orasi ilmiah dalam bahasa inggris dari Dr.Cyrille SCHWOB, APAC Head of Research and Technology Development of Airbus. Beliau sengaja datang untuk berbicara di depan seluruh wisudawan.

Keseluruhan acara wisuda STTB kali ini sangatlah berkesan, selain karena tidak meninggalkan unsur budaya juga menampilkan para wisudawan yang berprestasi selain Tina Sri Handayani. STTB telah berhasil menjadi kampus yang melahirkan banyak mahasiswa berprestasi juga menjalin kerjasama dengan berbagai universitas baik di dalam negeri juga di luar negeri. Pada acara wisuda kali ini pun, STTB menandatangani MOU dengan beberapa pihak diantaranya :
1. Universitas Nasional Pasim
2. Bank Sampah Bersinar
3. PT. POS INDONESIA
4. PT. SLU
5. CMYK
6. HUNGCHI Taiwan

STTB selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi semua mahasiswanya melalui para tenaga pengajar, fasilitas, kompetisi dan kerjasama dengan banyak pihak. Semua kelebihan ini tentunya melaluo prosea dan usaha semua jajaran civitas akademi. Saatnya anak.muda maju dan sukses bersama STTB, sukses selalu untuk STTB.

3 komentar:

  1. Betul ... Momen yang sangat dinanti

    BalasHapus
  2. Wisuda adalah hal yang tak kan terlupakan
    Sukses STT Bandung
    Sukses para wisudawan dan wisudawati

    BalasHapus